Another Side Of Kemiren (1)

5:19 PM

beberapa waktu yang lalu (gak tahu kapan, gue lupa) salah satu mata pelajaran di sekolah gue mengadakan homestay. apa itu homestay?
" homestay - home = rumah + stay = tinggal jadi homestay = rumah tinggal :| "
homestay gue kemarin itu gak jauh-jauh dari sekolah gue, cuma kalau lo jalan kaki dari sekolah gue ke tempat homestay gue mungkin kaki lo bisa terkena serangan jantung, impotisme, dan ganggungan pada ibu-ibu hamil (lo kire rokok?-_-). tempat homestay gue itu di Kemiren. yap sebuah desa penuh budaya dan sering disebut sebagai the hidden paradise (yang sering nyebut mah gue sendiri ini).
yap, sekarang gue bakal cerita sedikit tapi agak banyak mengenai perjalanan gue kesana, dan aktifitas apa yang gue lakuin semasa gue disana.
***
di rumah - 01.19 pm (WIB)
gue lagi prepare buat homestay. semua gue siapin biar bisa dimakan oleh tas gue. 
apa yang lo siapin?
gak banyak cuma, baju 4, celana 2,  celana panjang 1, dan sisanya baju dalaman (you know what I mean ..). dan gak lupa juga gue bawa seperangkat alat mandi yang dibayar kontan dan SAH di supermarket terdekat. karena tas gue ini masih dalam masa diet, jadi gue gak mau masukin barang yang berlebih. gue takut nantinya dia bakal gendut lagi :(

di sekolah - 02.00 pm (WIB)
sampailah gue disekolah tercintaaah *kecupin gerbang sekolahan* 
ngapain di sekolah?
rencananya sih, di sekolah itu buat ngabsen yang hadir ikut dan kumpul juga. kan ceritanya ini berangkatnya bareng. nah karena mobil yang akan membawa kita ke target lokasi masih belum datang gue pun memanfaatkan moment-moment itu buat check my bag (kali aja ada yang kelupaan). dan alhamdulillah semua sudah ketata rapi (kecuali kepingan hati yang belum ketata rapi #yakali) dan siap pakai nanti disana.
beberapa menit kemudian...
mobil jemputan kelas gue masih belum nongol aja batang idungnya, dan semua anak kelas gue pada resah, gelisah, gundah gulana (termasuk gue). 
beberapa jam kemudian...
ARGGGGHHHHH sampai kapan gue kudu nunggu disini?!?!?!?... *tubuh temen-temen gue dan gue pada ditumbuhi lumut*
nah dari situ kami pun sepakat buat gak naik mobil jemputan itu, kami kesana naik angkutan umum :|

selama-perjalanan - 03.05 pm (WIB)
selama di dalam angkutan, gue sama temen-temen pada ngerumpi. mulai dari ngebahas masalah nilai ulangan, sampai curhat sekalipun. (namanya juga perempuan yah... )

Kemiren (ceritanya udah nyampe..) - pukul berapa gue lupa (WIB)
sesampainya disana, gue sama temen-temen gue mulai rempong nurunin barang bawaan. dan mulai bersiap diri untuk di kirap keliling kampung sama kepala adatnya. dan selain itu ada barong Kemiren (kesenian khas Banyuwangi) yang ikut menyemarakkan kirap barisan kami. ah sungguh baik sambutan masyarakat Kemiren terhadap kehadiran kami. terharu :')


ini ayam-ayaman namanya 

excited anak anak melihat kesenian daerahnya :')

Di rumah kepala adat - gak tahu gak liat jam (WIB)
akhirnya sampai juga di rumah kepala adat. kami pun dipersilahkan masuk dan kami pun masuk (yaiyalah masa disuruh masuk lo-nya malah keluar). di dalam kami pun mulai melepas lelah dengan berbagai macam gaya, ada gaya punggung, gaya kupu-kupu, gaya bebas, dan gaya katak. (lu kira renang -_-)
tujuannya lo dikumpulin disana apaan?
kami dikumpulin disini dengan tujuan untuk penyampaian beberapa informasi dan pembagian kelompok. serta tak luput juga pengenalan dengan beberapa bapak-ibu yang nantinya bakal jadi orang tua kami selama kami disana.
dan finally, kelompok gue terdiri dari, gue (yaiyalah-_-), eka, tasya, dan ana. yap mereka berempat yang bakal tinggal satu rumah dan satu orang tua sama gue. oh iya nama yang jadi bapak dan ibu kami yaitu bapak Sogol dan ibu Sri. dan perlu diketahui sih, disana kami manggil mereka bukan dengan panggilan bapak/ibu melainkan makwek dan pakwek.

pada sibuk sendiri -_-
perjalanan menuju 'rumah' - udah gue bilangin kalau gue gak liat jam kok (WIB)
selama diperjalanan kami mulai saling tukar cerita dengan makwek kami. dan mulai berkenalan satu sama lain. ah keluarga baru mulai terbentuk lagi :)

makwek kami bersama tasyaa~

rumah kami - .... (WIB)
home sweet home, akhirnya sampai juga kami di rumah keluarga kami. makwek kami yang sangat baik mempersilahkan kami masuk untuk menaruh bontotan (re: tas dan lain sebagainya yang dibawa dari rumah) di dalam kamar yang nantinya bakal kami buat tidur. dikamar itu terdapat dua buah tempat tidur, yang nantinya satu tempat tidur akan ditempati oleh dua orang :|.
setelah kami menaruh barang-barang kami, kami pun bingung mau ngapain. *hening cukup lama....*
karena bosan udah mulai menghampiri kami. katanya sih mau ngajak hangout. berhubung kami gak mau hangout sama si bosan yang konon orangnya gak enak. kami pun memutuskan untuk keluar rumah. ceritanya nyari udara segar gitu sambil pengen kenal sama masyarakat yang ada disana.

di luar rumah - .... (WIB)
di luar rumah kami mulai duduk-duduk gak jelas. bener-bener gak jelas, sangking gak jelasnya sampai-sampai makwek kami datang menghampiri kami takut kami kenapa-napa ._.
nah karena ada makwek disana, akhirnya kami ngobrol sama makweknya. makwek banyak cerita masalah anaknya yang suka gonta-ganti nomer handphone (untung cuma nomer handphone, lah kalo gonta-ganti pacar begimane noh?), anaknya yang kuliah disini, dan pengalaman pengalaman yang lain. dan karena kami merupakan golongan anak-anak yang tak mau kalah jadi yaudah, kami juga ikutan curhat.
maghrib pun menjelang dan krucuk-krucuk pun datang. yap menjelang maghrib perut kami mulai berdendang. ntah artis dangdut siapa lagi yang sedang menggelar konser di perut kami masing-masing. pengen makan tapi malas, yaudah gue mulai bercerita yang horror-horror. lapar hilang, takut pun datang. -_-

pada saat maghrib ..
kami pun mulai menjalankan rutinitas kami sebagai umat islam.
setelahnya makwek kami memanggil kami untuk menyuruh kami makan. dengan malu-malu tapi mau kami pun berjalan menuju dapur untuk makan. makanan yang di masak oleh makwek kami sangat-sangat lah manyooos. bener bener enak, masakan restoran bintang lima mah lewaaaaat ~

beberapa menit kemudian ...
penyanyi dangdut yang ada di perut kami sudah menerima honor manggungnya dan diapun pergi.. setelah kepergiannya, kami pun mulai bersiap diri untuk kegiatan kami yang selanjutnya. yaitu menonton barong Cilik. barong Cilik ini merupakan kesenian khas Banyuwangi juga
lokasi tempat pertunjukkan barong Cilik lumayan jauh dari rumah kami, ya mungkin sekitar... sekitar... lebih dari dua langkah lah dan bisa menghabiskan ber-banyak langkah untuk mencapai sana.

sebelum ke tempat Barong Cilik, kami kumpul dulu di Balai Desa :)

sesampainya disana - .... (WIB)
sayang beribu sayang, barong Cilik pada malam itu tidak dapat kami lihat pertunjukkannya. konon katanya karena malam itu bertepatan malam maulid jadi pertunjukkan (atau lebih bisa dibilang latihannya) Barong Cilik ditiadakan dulu. karena ditiadakan kami kembali ke rumah :)

oke cukup segini dulu, cerita selanjutnya bakal disambung nanti ya kapan-kapan kalau gue mood nulis. byee guys :)

You Might Also Like

20 sumbangan suara

  1. jadi arti homestay itu = rumah tinggal -_-

    ReplyDelete
  2. Wah seru banget ya homestaynya...tinggal di daerah dan lingkungan yg berbeda itu memang sangat membuka pikiran dan hati ya...

    ReplyDelete
  3. homestay nih ya..
    seru ya..ada ayam ayaman

    ReplyDelete
  4. waaa seru bisa homestay gitu >.<
    pengen juga, dulu mah waktu di SMA pernah ke desa tapi ga nginep di tempat warga. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya harusnya mah nginep biar lebih kena gitu suasananya :D

      Delete
  5. "gue bakal cerita sedikit tapi agak banyak" ini maksud lo apaaah???? -___-
    asikkk banget sekolah ada acara begitu, jadi paham deh budaya yg ada disana ya, enak banget, klau gue dlu gak ada beginian :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya itu.. ya.. umm... gak tahu ._.
      coba kak Iva balik ke masa lalu, terus usul ngadain yang beginian :)

      Delete
  6. orang banyuwangi juga ,,, seharusnya homestaynya di banyuwangi yg pusat dukun santet itu lho *ehh* pasti pulang2 jadi keren elunya

    ReplyDelete
  7. lebih tepatnya gue pendatang bang :). lha ini kan masih satu kota sama banyuwangi. coba deh sekali kali mandang suatu kota bukan dari segi negatifnya bang. :)

    ReplyDelete
  8. wah, aku juga mau ikutan homestay..itu hampir sama kayak runaway di tipi gitu nggak sih?? *soktau

    fotonya kurang banyaaaaak...hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir sama, cuma agak sedikit beda :)
      iya ntar ditambahin lagi :D

      Delete
  9. Kucing boleh iikutan gak homestay tu?
    Lumayan makanan nya enak
    Terus ada cowok ganteng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh sekali kak Jue :D
      cowok ganteng? nampaknya tak ada ._.

      Delete
  10. itu kan ada ayam-ayaman ya, tapi kok nggak ada kucing-kucingan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya yang jadi kucing-kucingan-nya lagi sibuk foto-foto kesana kemari (ceritanya jadi potograper dadakan gituuh)

      Delete

Terima kasih udah baca artikel (gak mutu) di blog Kucing ini. Silahkan tinggalin upil kalian disini, kali aja ntar ada pemburu upil ngambil upil kalian. Dan kalian yang jomblo bisa berjodoh dengan mereka. Horee :)

Powered by Blogger.

Instagram