Kebiasaan; Asal Posting Gak Pake Mikir

2:39 PM

Image source : google.

Tulisan ini gua buat berawal dari pagi tadi gua melihat salah satu tweet dari seseorang. Dimana dalam tweet tersebut terdapat salah satu video yang menurut gua gak layak buat ditonton maupun di share di lini masa dunia maya. 

Gua gak bakal ngeshare linknya, kalau kalian pingin nonton videonya ya coba kalian cari sendiri di media social yang bersangkutan. Intinya sih di dalam video itu ada dua orang anak kecil yang sedang 'mempraktekkan' pelajaran biologi bab reproduksi di ruang publik. Mungkin dari sini, kalian udah dapat menebak lah video apaan ini yang beredar.
"Jadi hal apa yang membuat elu gemesh sampe gatel bikin tulisan ini, dit?"

Hal yang bikin gua gemesh sampe gatel bikin tulisan ini itu lebih ke upaya orang yang mengunggah video ini di akun twitter miliknya. Entah apa maskud dari si empunya akun ini mengunggah video itu di media sosialnya. Ntah karena ingin viral atau agar si pelaku (a.k.a si kedua anak ini) merasa jera atas perbuatan yang sudah mereka perbuat. Gua gak ngerti.

Terlepas dari maksud mbak ini memposting video bocah melakukan praktek biologi bab reproduksi secara sembarangan (sembarangan yang gua maskud disini lebih prefer ke tempat dilakukannya video asusila tersebut), gua lebih menyayangkan upaya mbak tersebut memilih untuk memposting di akun Twitter miliknya daripada memberikan hasil rekaman tersebut sebagai bukti bahwa telah terjadi suatu tindakan anmoral yang dilakukan oleh bocah dibawah umur. Terlebih hal ini dilakukan di ruang publik.
"Lah emang dengan mbaknya memposting video itu di akun social media dia bakal berdampak apa sama kedua anak itu, dit?"

Ya berdampak dong, jelas. Mungkin dampaknya gak kerasa secara langsung ya. Tapi pernah gak elu berpikir, bahwa masih ada kemungkinan si anak ini melakukan hal tersebut karena mereka hanya ingin coba-coba dan kedepannya kalau dikasih tahu baik-baik (I mean, dinasehatin baik-baik) bakal merubah sikap mereka lantas berjanji gak bakal ngulangin lagi?. Meski ya disini belum tentu juga gak bakal diulangin lagi, tergantung dari orang tua dan pihak yang bersangkutan ngasih tuturannya gimana ke dua bocah itu. 

Lu pasti tahu lah gimana system perusahaan sekarang merekrut pegawainya. Banyak hal kan yang dipertimbangkan, bahkan sampai rekam digital juga menjadi salah satu pertimbangan mutlak dari perusahaan ini dalam menentukan nasib diterima atau nggaknya lamaran lu. 

Kembali ke kasus anak ini, lah lu bayangin aja nih misal suatu ketika ni pas mereka dah dewasa dan mereka ingin melamar kerja, tanpa sengaja HRD dari perusahan yang mereka tuju melihat rekam jejak digital mereka berupa video aib mereka yang tersebar tanpa persetujuan mereka.

Itu masih dalam segi karir. Nah, sekarang coba elu pikir segi psikologis mereka saat mereka tahu perbuatan tak senonoh mereka di rekam orang dan di sebar luaskan tanpa sepengetahuan mereka. Apalagi ditambah mereka tahu bagaimana reaksi publik terkait itu. Kira-kira bakal ngaruh sama kondisi kesehatan mental mereka gak tuh? 

Kalau menurut pandangan gua, jelas bakalan ngaruh. Kenapa? Ya karena gak semua orang punya mental baja buat nerima kritik kritik keras dari jari-jari manusia dunia maya. Bisa depresi tuh dua bocah.

Selain itu coba lu posisiin diri lu jadi orang tua mereka. Lu tahu anak lu berbuat yang 'nggak-nggak' dari video yang udah kesebar di dunia maya (tanpa elu tahu siapa yang ngerekam dan udah terlanjur viral). Hancur gak tuh perasaan lu? Jelas hancur lah, malih. Gimana nggak? itu terkait anak lu, dan gimana pandangan orang terhadap anak lu kelak saat tahu mengenai video itu (bahkan juga bias ngaruh dari citra keluarga elu nanti)
"Tapi dit, si mbaknya ngelakuin hal itu karena biar ngasih jera anak tersebut. Dan bias dibilang ini sanksi social buat keduanya."

Eits bentar dulu, katakanlah benar hal tersebut bikin jera kedua bocah ini, Tapi, gak menutup kemungkinan juga malah nimbulin masalah yang jauh lebih besar kan (ntah itu menyangkut psikologis anaknya, nama baik orang tuanya, dan karir mereka kedepannya?).

Apakah cuma cara itu doang yang bisa bikin bocah itu jera?

Tidak, bahkan gua pribadi gak setuju dengan cara mengunggah video tersebut di media sosial supaya si anak jera. Mending nih ya, kalau misal lu kebetulan kedapatan ada anak melakukan adegan gak senonoh seperti yang dilakukan bocah ini langkah yang bisa lu lakuin yaitu samperin mereka, kasih pengertian baik-baik tentang apa yang sudah mereka perbuat itu melanggar norma susila atau kalau semisal gak berani langsung negor, bisa juga tuh dengan merekam dan menunjukkan buktinya ke orang tua atau pihak terkait agar segera di tangani si pelaku ini, Gitu lebih enak kan ya? Ngurangin masalah tanpa nambah masalah.

Jadi gitu dulu sih tulisan random gua ini, semoga bisa bermanfaat. Dan gua juga mau ngingetin satu hal, think twice before posting. Karena yang lihat postingan elu bukan elu doang, dan dampak yang bakal timbul bukan cuma elu aja yang ngerasain.

Wassalam.

P.S : Mungkin ada yang gak setuju dan bilang 'lah kan identitas si bocah ini gak disebutin, jadi masih aman dong?'. Iyasih gak disebutin tapi video itu keliatan jelas muka dari si pelaku. Jaman sekarang mah gampang tjuy nyari identitas cuma bekal gambar muka doang. :)

You Might Also Like

0 sumbangan suara

Terima kasih udah baca artikel (gak mutu) di blog Kucing ini. Silahkan tinggalin upil kalian disini, kali aja ntar ada pemburu upil ngambil upil kalian. Dan kalian yang jomblo bisa berjodoh dengan mereka. Horee :)

Powered by Blogger.

Instagram