[Random Though] Don’t Lose Your Hope

3:46 PM

source : google image
   
   Hallo gaes, kayanya udah lama ya gue gak nyapa kalian disini? Maaf ya, biasa sih kesibukan mahasiswa semester muda ditambah lagi kesibukan buat eksis di keorganisasian bikin gue kadang mager buat update blog hehe.
“Oh gitu dit, jadi kali ini lu mau bahas apaan ni?”
    Jadi gini, beberapa hari yang lalu jagat dunia maya heboh gara-gara kabar meninggalnya lead vocal dari salah satu boy group ternama di Korea. Dilansir dari beberapa sumber menyebutkan doi ini meninggalnya dikarenakan keracunan gas briket batu bara. Dan menurut sumber berita kebanyakan, kejadian ini terjadi gak secara kebetulan melainkan disengaja. Atau secara singkatnya sih, ini bisa dibilang doi sedang melakukan percobaan bunuh diri. Dan lagi (dan dan mulu dah lu dit, ah elah) katanya ini bukan kali pertama doi ngelakuin hal yang serupa. Kalau kalian kepo beritanya selengkapnya bisa kalian googling sendiri.
“Lah, jadi elu kagak ngomongin masalah doi? Terus lu mau ngomongin masalah apaan?”
   Kagak lah, gue kali ini bukan mau ngomongin masalah doi. Tapi gue mau nulis pandangan gue terkait bunuh dirinya, bukan doinya.
“Ha? Bunuh diri? Ada apaan dah sama bunuh diri?”
    Gini, ngomongin soal bunuh diri gue jadi pingin sedikit aja cerita tentang diri gue dulu. Jadi, dulu itu entah beberapa bulan atau tahun yang lalu gue sempat berkeinginan buat bunuh diri. Kenapa? Karena pada saat itu, gue bener-bener dalam keadaan ‘terendah’ gue. Lah, kenapa gue bilang gue saat itu dalam keadaan terendah gue? Gak tau juga alasan pastinya, tapi yang gue rasain saat itu gue bener-bener kaya gak guna lagi gue nerusin kehidupan gue. Gila? Emang, tapi ya gimana lagi? Jujur, pada saat itu gue gak ada sama sekali pikiran lain selain ‘gue harus ngeakhirin hidup gue’. Mungkin diantara lu juga berpikir gini ‘Ih nih bocah kagak punya agama apa ya? Nih bocah kagak beriman ape pegimane sih?’. Gaes perlu gue tegasin lagi, disaat itu pikiran gue bener-bener kosong banget. Bukan, bukan kosong sih sebenernya. Lebih tepatnya, gue udah capek sama hidup gue. Iya, GUE ULANG. GUE UDAH CAPEK SAMA HIDUP GUE, GUE MAU MATI AJA. Udah itu aja.

Hasil gambar untuk depressed gif
source : google image
“Terus, lu jadi bunuh diri gak dit?”
    Nggak, yakali gue bunuh diri? Kalau gue saat itu bener-bener ngelakuin hal gila itu. Gue yakin, gue sekarang gak bakal bisa nulis hal ini ke kalian.
“Lah alasan lu apaan?”
    Alasan gue gak ngelakuin hal itu, karena disaat yang sama. Keluarga gue nelfon gue saat itu, dan alhamdulillah banget gue saat itu masih kepikiran buat ngangkat telfon itu. Dan saat gue angkat, bukannya gue sambut sama salam tapi gue langsung nangis pada saat itu. Ketika keluarga gue tahu gue nangis, mereka diem. Bukan, bukan diem yang gak peduli. Melainkan mereka nunggu, sampe kondisi gue bener-bener tenang. Setelahnya, mereka baru tanya, ada apa?. Nah setelah itu baru gue yang gak terbiasa cerita masalah gue bahkan sama keluarga sendiri. Pada saat itu, gue bener-bener ngeluapin beban apapun yang gue rasain. Dari A sampai Z. Setelah gue ngungkapin apa yang selama ini gue rasain (rasa capek gue, kesal gue, kecewa gue, hingga amarah gue). Gue lega. Dan disaat yang sama gue yang awalnya udah kaya manusia yang gak punya harapan hidup, akhirnya gue nemuin harapan hidup gue lagi. Salah satunya ya, mereka. Keluarga gue adalah harapan hidup gue.
“Tapi bentar deh dit, alasan lu mau bunuh diri apaan dah?”
    Alasan gue mau bunuh diri saat itu yaitu gue udah muak, gue udah capek sama hidup gue. Gue ngerasa hidup gue selama ini Cuma apa ya? Kasarnya tuh gak guna gitu buat orang lain. Atau simpelnya hidup gue useless. Selain itu juga gue capek sama beban-beban yang gue pikul selama ini. Kenapa gue capek? Karena selama ini, gue gak pernah ada TEMAN yang gue percaya buat dengerin cerita gue. Kenapa sampe gue gak sepercaya itu orangnya? Karena dulu gue sempat kecewa sama salah satu temen deket gue, dimana gue sering banget cerita masalah gue sama dia. Tapi justru dia yang ngumbar masalah gue ke luar. Dari situ, gue mulai skeptis mandang seorang TEMEN. Dan lagi, gue dulu berpkiran ‘ngapain juga gue cerita sama orang? Toh ujungnya bakal disebarin ke orang lain, toh juga ntar bakal jadi bahan ghibahan orang, atau parahnya mungkin jadi bahan bullyan orang.”
“Terus, intinya apa yang mau lu sampein?”
    Intinya mah,  apa ya? Ketika lu ngerasa lu dalam posisi terendah di hidup lu. Cari seseorang yang bener-bener lu percaya buat ngederngerin cerita lu. Dan tolong, jangan skeptis sama orang lain (jangan kaya gue), karena belum tentu semua orang itu sesuai dengan apa yang lu pikirin tentang mereka. Coba berani cerita sama salah seorang yang bener-bener lu percaya atau gue juga nyaranin lu ke psikolog. Lu jangan berpikir, orang yang ke psikolog itu orang-orang yang gangguan jiwa doang. Tapi, kadang kita juga perlu kesana. Karena ya, ibaratnya lu kali ini sedang sakit, butuh orang yang bener-bener ahli buat nanganin elu. Dan at least, ya mereka yang ahli buat nanganin lu. Dan sembari lu berdoa sama Tuhan, minta jalan yang tebaik buat hidup lu. Karena ya, lu pasti udah tahu kan, bahwa apapun kehendak Tuhan itu pasti yang terbaik buat lu.

  Nah bagi elu yang kebetulan dipercaya buat dengerin curhat mereka. Tolong, jangan sesekali ngatain mereka dengan kata-kata kaya :
“Ih, lu kagak punya agama apa ya?”
“Gila lu, sinting kali lu.”
   Atau bahkan lu bikin guyonan terkait masalah yang mereka ceritain ke elu. Cukup dengerin aja apa yang mereka keluhkan ke elu seandainya elu gak bisa ngasih solusi. Kalau semisal elu bisa ngasih solusi ya, kasih aja. Tapi setelah mereka merasa udah lega dan tenang. Apa susahnya sih gaes, jadi pendengar yang baik?

   Dan pesan terakhir gue buat semua yang baca
“Jangan pernah putus asa terhadap hidup lu, terhadap masalah-masalah lu. Ingat, hidup lu mungkin sekarang masih belum nemuin fungsinya sebagai apa. Tapi gue yakin kelak, hidup lu bakal berguna bagi orang lain. Bayangin aja deh, lalat aja yang yah you know dia termasuk binatang yang menjijikkan kan? Yang suka nongkrong di tempat-tempat yang kotor, itu aja masih eksis sampe sekarang. Dari situ dapat dilihat kan bahwa Tuhan itu menciptakan makhluk-Nya itu pasti ada tujuannya kok. Jadi lu jangan ngerasa hidup lu useless. Terus kalau lu udah capek sama masalah-masalah lu. Gue ingetin, lu gak sendiri di dunia ini. Lu masih punya temen, saudara, bahkan keluarga yang bakal bantu lu, ngerangkul lu, bahkan ngegendong lu kalau perlu buat sama-sama ngelaluin badai dalam hidup lu. Jadi, tetap semangat dan jangan lupa bahagia.
Gambar terkait
Sini peluk dulu
Source : google image

You Might Also Like

8 sumbangan suara

  1. alhamdulillah.. kamu udah keluar dari masa-masa sulitmu, semoga senantiasa bahagia ya, jangan sampai kejadian yang dulu terulang lagi.

    bunuh diri itu bukan perkara sepele. aku sendiri belum pernah mengalami keadaan depresi yang berat sampai2 ingin mengakhiri hidupku sendiri. tapi menurutku g sepantasnya, ketika ada seseorang yang berkeluh kesah atau berita soal seseorang yang bunuh diri kita langsung menilai buruk.

    buat orang2 yang sok iye kalau ngomong, pernah merasakan diposisi mereka yang depresi? pernah merasakan ingin mengakhiri hidup? kalau belum pernah mending itu mulut diem. suka gatel ama orang/netijen yg suka komentar macam gitu, pingin dipotong kali mulutnya

    ReplyDelete
  2. Gue rasa semua orang pernah mengalami hal serupa. Dan gue pun iya. Dan belum lama ini. Memang gue gak sampai cari cara buat mengakhiri hidup. Tapi gue sempet serius buay bercita2 mati muda. Yang gue pikirin waktubitu cuma,ah betapa enak mereka2 yg seumuran gue udah dipanggil yang maha kuasa. Ketimbang harus menanggung beban hidup dan drama kehidulan ini.

    Mungkin kalo orang normal ngeliatnya itu drama babget. Tapi bagi kita yang mengalami kayak kecebur ke lubang sumur dalem banget tanpa tau gimana cara keluarnya.

    Menurut gue ini bukan tentang kita punya agama atau gak sih, tapi lebih kepada orang terdekat yang peduli.

    ReplyDelete
  3. Selamat, lo pernah melewati masa terendh itu. LO kuat berarti. Ya, emang keluarga adalah tempat terbaik untuk bercerita sih.

    Selain keluarga harusnya ada temen-temen juga sih yang bisa support lo saat lo kek gitu. Semoga kita bisa melewati semua cobaan dikemudian hari,

    ReplyDelete
  4. Gue juga pernah sih ada di masa-masa itu. Kepikiran bunuh diri pernah, tapi kemudian mikir goblok banget kalo sampe gue beneran bunuh diri. Tapi bukan berarti gue bilang yang bunuh diri itu goblok ya, setiap orang punya masalah berattt dan gak tau cara keluarnya gimana, dan kalo sampe akhirnya mereka milih buat mengakhiri hidup ya mungkin dia bener-bener gak tau mau gimana lagi. Cuma kalo gue yang ngelakuin itu, gue yang goblok. Hahaha aneh emang, gue bisa memaklumi kalo orang lain yang ngelakuin itu tapi gak ngerti kalo sampe gue yang ngelakuin. :D

    Eh lamaa gak kesini... 2-3 tahun lalu kayaknya terskhir kesini. Happpy blogging dit... Ciee aktivis sekarang.

    ReplyDelete
  5. Bangkit dari hal yang terendah, merupakan suatu yang luar biasa.

    ReplyDelete
  6. Semoga kejadian itu gak pernah terulang lagi ya, jauhi pikiran dari bunuh diri dan kalau bisa usahakan terus jangan sampai memilih bunuh diri sebagai jalan keluar. Semua manusia pasti punya masalah baik kelihatannya cuma masalah sepele atau yang benar-benar besar, tapi kembali lagi mau itu masalah terlihat kecil atau besar tergantung dari cara kita menyikapinya.

    Ada orang yang punya masalah kecil tapi dianggapnya itu masalah besar sampai pingin kabur dari rumah, bunuh diri, dll. Ada orang yang punya masalah besar sampai udah gak ada jalan keluarnya tapi dia menganggapnya itu hanya masalah yang pasti bisa diatasi seperti bisa kita lihat pengemis-pengemis terlantar yang udah kepotong kakinya masih terus bekerja cari uang untuk hidup, sulit nemuin jalan keluarnya.

    Semua masalah tergantung dari cara kita menyikapinya. Gak usah terlalu dipusingkan ya bila sedang dalam masalah, cukup bersyukur dan menerima, pasti hati kan tentram. :D

    Kunjungan pertama nih kesini, salam kenal dari mba nana yaa!
    willynana.blogspot.com

    ReplyDelete

Terima kasih udah baca artikel (gak mutu) di blog Kucing ini. Silahkan tinggalin upil kalian disini, kali aja ntar ada pemburu upil ngambil upil kalian. Dan kalian yang jomblo bisa berjodoh dengan mereka. Horee :)

Powered by Blogger.

Instagram